Ini Enam Cara Gaya Hidup Sehat Ala Pemain Sepak Bola Dunia

Ini Enam Cara Gaya Hidup Sehat Ala Pemain Sepak Bola Duniautavoice.com – Hay sahabat semua kembali lagi dengan saya admin di sini saya akan membahas mengenai Kejuaraan sepak bola Piala Eropa atau UEFA (Union of European Football Associations) Euro 2020 sudah usai dengan team nasional Italia jadi pemenang pada Euro 2020 ini. Kejuaraan ini dimulai pada 12 Juni 2021 kemarin setelah lama tertunda akibat pandemi Covid-19. UEFA Euro 2020 ini merupakan kejuaraan sepak bola pria internasional yang diselenggarakan setiap empat tahun sekali di wilayah Eropa.

Kejuaraan ini diselenggarakan di 11 kota di 11 negara yang tergabung kedalam UEFA yang terjadi selama 1 bulan. Pernahkah kamu membayangkan dirimu jadi pemain sepak bola dunia yang harus latihan secara intensif? Bagaimana cara mereka tetap sehat untuk bertanding di masa pandemi ini? Simak ulasan berikut.

Sebagai atlet sepak bola, pasti saja mereka membutuhkan stamina dan daya tahan tubuh yang kuat sehingga bisa berlatih dengan intensif dan bertanding dengan kondisi tubuh yang prima. Oleh karena itu, mereka perlu selalu menerapkan pola gaya hidup sehat.

Gaya hidup sehat berperan penting dalam mempertahankan kesehatan dan kekuatan daya tubuh. Oleh karena itu, kamu juga sebaiknya menerapkan gaya hidup yang sehat. Berikut tips gaya hidup sehat yang bisa kamu terapkan.

1. Konsumsi Sayur dan Buah Setiap Hari

Buatlah planning untuk makan berbagai macam buah dan sayuran setiap hari. Jika sangat mungkin makanlah setidaknya lima porsi per hari. Satu porsi sayuran kira-kira seukuran bola tenis.

Buah-Buahan dan sayuran punya kandungan banyak nutrisi yang diperlukan oleh tubuh. Tak hanya itu, buah dan sayur merupakan makanan dengan kadar antioksidan yang tinggi sehingga menunjang meningkatkan daya tahan tubuh kamu.

See also  Cegah Anak Stunting Sejak Masih Dalam Kandungan, Ini Manfaatnya!

2. Konsumsi Karbohidrat Sesuai dengan Kebutuhan

Karbohidrat merupakan komponen utama untuk pembuatan energi. Tubuh akan memecah karbohidrat menjadi glukosa (Gula) yang lantas akan diproses jadi kekuatan yang akan digunakan untuk melakukan aktivitas.

Apabila terdapat kelebihan glukosa, kelebihan ini akan disimpan didalam otot. Ketika diperlukan, misalnya sedang berolahraga, cadangan glukosa akan digunakan untuk membuat kekuatan.

3. Konsumsi Protein Yang Cukup

Protein bukan merupakan bahan utama untuk memproduksi energi. Tetapi, kamu memerlukan protein dalam jumlah yang cukup untuk mempertahankan otot terutama pada atlet olahraga seperti pemain sepak bola.

4. Konsumsi Banyak Air

Tubuh kita sebagian besar terdiri dari air. Oleh karena itu, penting untuk mengkonsumsi banyak air sehingga tubuh kita tidak mengalami kehilangan cairan tubuh. Bagaimana caranya untuk tahu apakah air yang kita konsumsi sudah cukup atau belum?

Cara sederhana yang bisa kamu lakukan adalah dengan mengecek warna urin kamu ketika kamu buang air kecil. Apabila urin berwarna kuning pucat, berarti kamu sudah mendapatkan cukup cairan. Tetapi, bila urin berwarna kuning cerah atau gelap berarti kamu kekurangan cairan.

Untuk mencukupi jumlah cairan yang kamu butuhkan setiap harinya, sebaiknya kamu mengkonsumsi air putih. Hindari konsumsi minuman-minuman dengan takaran gula yang tinggi seperti minuman dalam kemasan maupun minuman bersoda.

5. Konsumsi Suplemen Tambahan

Diet yang terencana akan mencukupi keperluan vitamin dan mineral yang kamu butuhkan. Tetapi, mengkonsumsi vitamin dan mineral tambahan bisa menunjang kamu mempertahankan sistem kekebalan tubuh. Konsumsilah suplemen yang disesuaikan dengan keperluan kamu. Apabila ragu, kamu bisa mengkonsultasikan hal itu terlebih dahulu kepada dokter.

6. Istirahat yang Cukup

Setelah melakukan aktivitas seharian, terutama aktivitas yang berat. Tubuh kita memerlukan waktu istirahat yang cukup. Ketika kita beristirahat, tubuh akan melakukan proses perbaikan sel-sel tubuh yang rusak. Sehingga, apabila kita kekurangan waktu istirahat, tubuh juga jadi kekurangan waktu untuk memperbaiki sel-sel tubuh yang rusak. Hal ini bisa menambahkan efek yang tidak cukup baik pada kesehatan. Istirahat yang dianjurkan adalah selama 6 sampai 8 jam ketika malam hari.

See also  Perlu Diketahui Empat Manfaat Senam Hamil Bagi Bumil

Gaya hidup yang sehat sangat penting diterapkan sehingga kamu tetap sehat dan bugar setiap hari. Tapi, penyakit merupakan suatu kondisi yang terjadi secara tiba-tiba. Situasi ini tidak bisa kita prediksi kapan akan terjadi.

Seringkali, penyakit muncul ketika kita sedang tidak memiliki persiapan sama sekali. Untuk mengantisipasi hal itu, jangan lupa untuk punya proteksi kesehatan yang lain misalnya asuransi kesehatan.

Asuransi kesehatan dapat memberikan kamu proteksi ketika sesuatu hal yang tidak diinginkan terjadi. Dengan asuransi kesehatan, kamu bisa menghindari kondisi yang mengharuskan untuk membayar uang yang besar pada satu waktu.

Akhir kata

Demikian pembahasan  yang bisa admin sampaikan semoga artikel ini bisa bermanfaat, sekian dan terimakasih

Check Also

Perlu Diketahui Empat Manfaat Senam Hamil Bagi Bumil

Perlu Diketahui Empat Manfaat Senam Hamil Bagi Bumil

utavoice.id– Halo Sahabat utavoice.id bertemu lagi dengan admin kece ini yang akan selalu setia menemani …

Leave a Reply

Your email address will not be published.